Dimisalkan anda diminta untuk mengelola sebuah usaha warnet, dimana warnet ini membutuhkan perencanaan dan pengorganisasian agar dapat berjalan. Rumuskanlah visi dan misi dari warnet yang anda kelola selain itu buatlah pengorganisasian dari warnet yang anda kelola !
jawaban :
Mengelolah warung Internet (Warnet)
Warung Internet adalah salah satu jenis wirausaha yang menyewakan jasa internet kepada khalayak umum.
Pengguna warnet
Warnet banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa, pelajar, profesional dan wisatawan asing.
Warnet digunakan untuk bermacam-macam tujuan, bagi pelajar, dan mahasiswa warnet banyak digunakan untuk:
- Mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah
- Melakukan riset
- Menulis skripsi
- Bermain permainan daring
Bagi masyarakat umum warnet digunakan untuk:
- Memeriksa kiriman surat elektronik terbaru
- Melamar pekerjaan
- Bersosialisasi dan berkomunikasi (chatting)
- Sarana menikmati hiburan dan lain sebagainya.
Biaya akses internet umumnya dipatok per-jam atau per-menit ada juga yang di patok sekali main(biasanya di area bersinyal berbayar)
Mengelola sebuah warnet dibutuhkan konsentrasi dan kiat kiat manajemen agar usaha kita dapat bersaing dan memperoleh keuntungan yang optimal. Dan pengusaha warnet harus mampu mengelola warnetnya secara optimal.
Dalam mengelolah warnet ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dari hal terkecil yang tanpa kita sadari itu merupakan kendala besar untuk perkembangan warnet yang kita kelola.
1. Pemilihan ISP
Dalam memilih ISP jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, tetapi perhatikan kecepatan akses dan pelayanan untuk mendukung penyelenggaraan warnet. kecepatan akses sangat mempengaruhi
2. Pemberian Diskon
Multiple discount member yang artinya kita membuat member secara berbeda dengan pertimbangan tingkat sosial dan ekonomi.
Contoh : mahasiswa/pelajar, eksekutif member, dll
Discount Hour
Contoh : menggunakan internet pada jam 21.00 ke atas Disc 10%
Pemberian Discount khusus bagi pengguna kelompok
Contoh : datang menggunakan Internet untuk 3 orang Disc 10 %
3. Menarik pelanggan
Untuk Chatting Mania dibuatkan khusus chat room
Promosi dari teman ke teman,
Mengadakan in house training Internet pada Warnet
Contoh : open house training untuk pelajar
Pembentukan komunitas warnet dengan melakukan event-event khusus
Pendekatan kepada konsumen, pelayanan yang ramah dan sopan
Hal lain yang perlu kita pertimbangkan adalah sistem manajemen untuk pengelolaan warnet. Hal tersebut dapat kita atasi dengan menggunakan software bantuan yaitu software control operasional dan manajemen warnet.
Pada kenyataannya yang terjadi saat ini dalam pengelolaannya warnet-warnet yang ada masih menggunakan cara manual dalam pencatatan transaksi yang justru mendorong timbulnya masalah. Masalah yang biasanya terjadi :
· Susah dalam memonitor pendapatan yang masuk karena cenderung terjadi kecurangan dalam pencatatan oleh petugas di bagian counter warnet
· Selalu aktif mengontrol pengunjung yang masuk, Kemungkinan terjadi kesalahan dalam pencatatan jam pakai yang disebabkan kelengahan, Untuk warnet yang berskala besar misalnya dengan station lebih dari 15, akan mengalami kesulitan dalam mengontrol pengunjung, cenderung terjadinya tingkat kesalahan dalam pencatatan sangat besar sehingga akhirnya berpengaruh pada pendapatan yang dihasilkan.
· Kelemahan-kelemahan dari sistem manual inilah yang pada akhirnya akan merugikan kita sebagai pemilik warnet sehingga pendapatan yang didapatkan tidak maksimal.
Untuk mengatasi masalah tersebut kita dapat menggunakan software bantuan untuk pengelolaan warnet kita. Dengan fitur-fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh software bantu ini kita akan terlepas dari masalah yang biasanya timbul.
Untuk lebih memahami apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan software bantu yang menawarkan otomatisasi, kita akan mengambil contoh salah satu software bantu yang dikembangkan oleh Ventum Software dengan nama Net Billing Evo yang memberikan fitur-fitur dan fasilitas-fasilitas yang sangat membantu kita dalam menjalankan operasional warnet kita.
Dengan Net Billing Evo otomatisasi Warnet dapat direalisasikan dengan memberikan fitur-fitur manajemen yang mudah dan praktis.
Net Billing Evo memberikan kemudahan dan effisiensi serta security yang baik dalam pengelolaan Warnet sehingga sebagai pemilik Warnet tidak perlu khawatir dengan permasalahan yang timbul karena diakibatkan pada pengelolaan sistem manual. Net Billing Evo mengotomatisasikan seluruh proses transaksi yang terjadi pada warnet Anda mulai dari penanganan transaksi.
Net Billing Evo terdiri dari dua bagian yaitu satu aplikasi yang diinstall pada server dan yang satu lagi diinstall pada client-client, cara kerja aplikasi ini tidak membebani traffic jaringan karena sistem yang ditawarkan oleh aplikasi ini prinsip kerjanya tidak selalu online antara server dan client. Cara kerja sistem ini adalah ketika station dipakai oleh user untuk dapat terkoneksi ke internet user harus melalui aplikasi NetBilling yang ada pada client. Sebelum user click connect user tidak dapat melakukan kegiatan apapun pada station tersebut, lalu bila tombol connect di-click maka aplikasi pada client akan mengirimkan pesan ke server lalu server akan mencatat dan mulai penghitungan tarif berdasarkan konfigurasi yang bisa kita definisikan sendiri, setelah itu hubungan server dan client tidak terjadi, hubungan server dan client terjadi kembali setelah user click disconnect yang akan mengakibatkan pencetakan billing pada server, cara kerja sistem inilah yang dimaksudkan tidak mengganggu kinerja jaringan.
Sehingga kinerja jaringan tidak terbebani oleh sesuatu yang ditujukan untuk membantu kerja warnet.
Fasilitas dan fitur-fitur yang ditawarkan :
Windows 32 Bit Based
User Friendly
Kemudahan operasional dengan interface yang nyaman, cara kerja yang simple untuk pengoperasionalan tidak menuntut pengetahuan khusus dan mudah untuk dipelajari.
Easy Maintenanc
Easy Configuration
Konfigurasi yang fleksibel mulai dari pengaturan tarif, discount, kemudahan Instalasi baik software yang dipasang di server maupun di client.
Tidak mengganggu traffic jaringan
Open browser secara otomatis saat log on
Anti end-task / Anti Ctrl + Alt + Del
Untuk mengantisipasi user 'nakal' yang akan mematikan program billing
Remote Control (Reboot, Disconnect, dan Shutdown)
Control dari server dengan fasilitas mematikan station, disconnect station, dan shutdown station
Program Member dan Non Member
Pendefinisian member yang flexibel, kita dapat membuat member dengan jenis dan tarif yang berbeda dan pemberian discount yang berbeda pula.
Pengaturan Biaya (First cost, Increment cost, Minute setting, Discount)
Pendefinisian tarif yang flexibel dengan hitungan harga awal untuk berapa menit pertama dan increment cost untuk berapa menit kemudian
Reminder
Fitur yang satu ini pada sisi client berfungsi untuk mengingatkan user dengan memunculkan pesan secara otomatis setelah beberapa saat (jam:menit:detik) yang dapat didefinisikan oleh user sendiri dengan tujuan user akan main berapa jam sehingga tidak lupa waktu
Pencatatan aktivitas operator dengan Log File
Pencatatan operator ini dapat digunakan untuk absensi operator
Message Control
Sending message ke seluruh client dari server
Level security
Tingkatan user sebagai operator atau administrator yang mempunyai hak dengan tingkatan yang berbeda dalam pengoperasian
4. Fasilitas untuk pelanggan
- Lengkapi komputer Anda dengan program yang dibutuhkan oleh para pengunjung warnet Anda
- Lengkapi fasilitas di warnet Anda untuk kenyamanan pengunjung (misalnya AC, tempat duduk yang nyaman, dll)
- Sediakan fasilitas pendukung lainnya (seperti minuman ringan, tempat solat, toilet, dll)
- Berikan pelayanan yang baik. Latihlah pegawai warnet Anda untuk hal ini.
- Gunakan kartu keanggotaan (membership) untuk mengikat palanggan warnet.
- Jangan biarkan pelanggan Anda antri terlalu lama. Jika warnet Anda ramai, bahkan sampai antri, pertimbangkan untuk menambah jumlah perangkat komputer warnet.
VISI :
Menjadikan Warnet sebagai sarana IT yang aman,nyaman, dan terjangkau serta Mewujudkan kebangkitan indonesia melalui teknologi informasi.
MISI :
· Menciptakan warnet yang akan menjadi basis pengembangan dan pemanfaatan teknologi
· Menerapakan ilmu-ilmu baru di dunia dan menerapkannya secara bisnis di Indonesia.
· Professional dalam pengorganisasian.
· Memberi manfaat sosial bagi masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar