Jumat, 13 Januari 2012

Tugas 2

Tugas 2
Dimisalkan anda diminta untuk mengelola sebuah usaha warnet, dimana warnet ini membutuhkan perencanaan dan pengorganisasian agar dapat berjalan. Rumuskanlah visi dan misi dari warnet yang anda kelola selain itu buatlah pengorganisasian dari warnet yang anda kelola !


jawaban :

Mengelolah warung Internet (Warnet)
Warung Internet adalah salah satu jenis wirausaha yang menyewakan jasa internet kepada khalayak umum.

Pengguna warnet

Warnet banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa, pelajar, profesional dan wisatawan asing.

Warnet digunakan untuk bermacam-macam tujuan, bagi pelajar, dan mahasiswa warnet banyak digunakan untuk:


  •     Mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah
  •     Melakukan riset
  •     Menulis skripsi
  •     Bermain permainan daring

Bagi masyarakat umum warnet digunakan untuk:

  •     Memeriksa kiriman surat elektronik terbaru
  •     Melamar pekerjaan
  •     Bersosialisasi dan berkomunikasi (chatting)
  •     Sarana menikmati hiburan dan lain sebagainya.

Biaya akses internet umumnya dipatok per-jam atau per-menit ada juga yang di patok sekali main(biasanya di area bersinyal berbayar)

Mengelola sebuah warnet dibutuhkan konsentrasi dan kiat kiat manajemen agar usaha kita dapat bersaing dan memperoleh keuntungan yang optimal. Dan pengusaha warnet harus mampu mengelola warnetnya secara optimal.

Dalam mengelolah warnet ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dari hal terkecil yang tanpa kita sadari itu merupakan kendala besar untuk perkembangan warnet yang kita kelola.

1. Pemilihan ISP

Dalam memilih ISP jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, tetapi perhatikan kecepatan akses dan pelayanan untuk mendukung penyelenggaraan warnet. kecepatan akses sangat mempengaruhi


2. Pemberian Diskon

Multiple discount member yang artinya kita membuat member secara berbeda dengan pertimbangan tingkat sosial dan ekonomi.

Contoh : mahasiswa/pelajar, eksekutif member, dll

Discount Hour

Contoh : menggunakan internet pada jam 21.00 ke atas Disc 10%

Pemberian Discount khusus bagi pengguna kelompok

Contoh : datang menggunakan Internet untuk 3 orang Disc 10 %

3. Menarik pelanggan

Untuk Chatting Mania dibuatkan khusus chat room

Promosi dari teman ke teman,

Mengadakan in house training Internet pada Warnet

Contoh : open house training untuk pelajar

Pembentukan komunitas warnet dengan melakukan event-event khusus

Pendekatan kepada konsumen, pelayanan yang ramah dan sopan

Hal lain yang perlu kita pertimbangkan adalah sistem manajemen untuk pengelolaan warnet. Hal tersebut dapat kita atasi dengan menggunakan software bantuan yaitu software control operasional dan manajemen warnet.

Pada kenyataannya yang terjadi saat ini dalam pengelolaannya warnet-warnet yang ada masih menggunakan cara manual dalam pencatatan transaksi yang justru mendorong timbulnya masalah. Masalah yang biasanya terjadi :

·         Susah dalam memonitor pendapatan yang masuk karena cenderung terjadi kecurangan dalam pencatatan oleh petugas di bagian counter warnet

·         Selalu aktif mengontrol pengunjung yang masuk, Kemungkinan terjadi kesalahan dalam pencatatan jam pakai yang disebabkan kelengahan, Untuk warnet yang berskala besar misalnya dengan station lebih dari 15, akan mengalami kesulitan dalam mengontrol pengunjung, cenderung terjadinya tingkat kesalahan dalam pencatatan sangat besar sehingga akhirnya berpengaruh pada pendapatan yang dihasilkan.

·         Kelemahan-kelemahan dari sistem manual inilah yang pada akhirnya akan merugikan kita sebagai pemilik warnet sehingga pendapatan yang didapatkan tidak maksimal.

Untuk mengatasi masalah tersebut kita dapat menggunakan software bantuan untuk pengelolaan warnet kita. Dengan fitur-fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh software bantu ini kita akan terlepas dari masalah yang biasanya timbul.

Untuk lebih memahami apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan software bantu yang menawarkan otomatisasi, kita akan mengambil contoh salah satu software bantu yang dikembangkan oleh Ventum Software dengan nama Net Billing Evo yang memberikan fitur-fitur dan fasilitas-fasilitas yang sangat membantu kita dalam menjalankan operasional warnet kita.

Dengan Net Billing Evo otomatisasi Warnet dapat direalisasikan dengan memberikan fitur-fitur manajemen yang mudah dan praktis.

Net Billing Evo memberikan kemudahan dan effisiensi serta security yang baik dalam pengelolaan Warnet sehingga sebagai pemilik Warnet tidak perlu khawatir dengan permasalahan yang timbul karena diakibatkan pada pengelolaan sistem manual. Net Billing Evo mengotomatisasikan seluruh proses transaksi yang terjadi pada warnet Anda mulai dari penanganan transaksi.

Net Billing Evo terdiri dari dua bagian yaitu satu aplikasi yang diinstall pada server dan yang satu lagi diinstall pada client-client, cara kerja aplikasi ini tidak membebani traffic jaringan karena sistem yang ditawarkan oleh aplikasi ini prinsip kerjanya tidak selalu online antara server dan client. Cara kerja sistem ini adalah ketika station dipakai oleh user untuk dapat terkoneksi ke internet user harus melalui aplikasi NetBilling yang ada pada client. Sebelum user click connect user tidak dapat melakukan kegiatan apapun pada station tersebut, lalu bila tombol connect di-click maka aplikasi pada client akan mengirimkan pesan ke server lalu server akan mencatat dan mulai penghitungan tarif berdasarkan konfigurasi yang bisa kita definisikan sendiri, setelah itu hubungan server dan client tidak terjadi, hubungan server dan client terjadi kembali setelah user click disconnect yang akan mengakibatkan pencetakan billing pada server, cara kerja sistem inilah yang dimaksudkan tidak mengganggu kinerja jaringan.

Sehingga kinerja jaringan tidak terbebani oleh sesuatu yang ditujukan untuk membantu kerja warnet.

Fasilitas dan fitur-fitur yang ditawarkan :

Windows 32 Bit Based

User Friendly

Kemudahan operasional dengan interface yang nyaman, cara kerja yang simple untuk pengoperasionalan tidak menuntut pengetahuan khusus dan mudah untuk dipelajari.

Easy Maintenanc

Easy Configuration

Konfigurasi yang fleksibel mulai dari pengaturan tarif, discount, kemudahan Instalasi baik software yang dipasang di server maupun di client.

Tidak mengganggu traffic jaringan

Open browser secara otomatis saat log on

Anti end-task / Anti Ctrl + Alt + Del

Untuk mengantisipasi user 'nakal' yang akan mematikan program billing

Remote Control (Reboot, Disconnect, dan Shutdown)

Control dari server dengan fasilitas mematikan station, disconnect station, dan shutdown station

Program Member dan Non Member

Pendefinisian member yang flexibel, kita dapat membuat member dengan jenis dan tarif yang berbeda dan pemberian discount yang berbeda pula.

Pengaturan Biaya (First cost, Increment cost, Minute setting, Discount)

Pendefinisian tarif yang flexibel dengan hitungan harga awal untuk berapa menit pertama dan increment cost untuk berapa menit kemudian

Reminder

Fitur yang satu ini pada sisi client berfungsi untuk mengingatkan user dengan memunculkan pesan secara otomatis setelah beberapa saat (jam:menit:detik) yang dapat didefinisikan oleh user sendiri dengan tujuan user akan main berapa jam sehingga tidak lupa waktu

Pencatatan aktivitas operator dengan Log File

Pencatatan operator ini dapat digunakan untuk absensi operator

Message Control

Sending message ke seluruh client dari server

Level security

Tingkatan user sebagai operator atau administrator yang mempunyai hak dengan tingkatan yang berbeda dalam pengoperasian

4. Fasilitas untuk pelanggan

- Lengkapi komputer Anda dengan program yang dibutuhkan oleh para pengunjung warnet Anda

- Lengkapi fasilitas di warnet Anda untuk kenyamanan pengunjung (misalnya AC, tempat duduk yang    nyaman, dll)

- Sediakan fasilitas pendukung lainnya (seperti minuman ringan, tempat solat, toilet, dll)

- Berikan pelayanan yang baik. Latihlah pegawai warnet Anda untuk hal ini.

- Gunakan kartu keanggotaan (membership) untuk mengikat palanggan warnet.

- Jangan biarkan pelanggan Anda antri terlalu lama. Jika warnet Anda ramai, bahkan sampai antri, pertimbangkan untuk menambah jumlah perangkat komputer warnet.

VISI :

Menjadikan Warnet sebagai sarana IT yang aman,nyaman, dan terjangkau serta Mewujudkan kebangkitan indonesia melalui teknologi informasi.

MISI :

·  Menciptakan warnet yang akan menjadi basis pengembangan dan pemanfaatan teknologi

·  Menerapakan ilmu-ilmu baru di dunia dan menerapkannya secara bisnis di Indonesia.

·  Professional dalam pengorganisasian.

·  Memberi manfaat sosial bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar