Rabu, 04 April 2012

27. Worksheet adalah


Worksheet pada excel

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Worksheet atau Spreadsheet atau Sheet, adalah merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor. Worksheet terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris memuat sejumlah 4.194.304 sel. Worksheet tersebut digunakan untuk menyimpan atau mengola data, formula, grafik, dan sebagainya.
Dan adapun beberapa tampilan pada Mc. Excel, sebagai berikut

Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close
Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif
Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja.
Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.
Formula Bar, anda bisa mengedit data pada sebuah sel
Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
Column adalah bagian dari Worksheet yang vertical dan di beri nama dengan huruf adjad seperti berikut: A,B,C….Z, AA,AB,AC,…AZ, IA,IB,IC….IV, Seluruhnya berjumlah 256 kolom.
Row adalah bagian dari Worksheet yang Horizontal diberi nomor dengan angka seperti berikut: 1,2,3…65.536 dan seluruhnya berjumlah 65.536 baris.
Cell adalah perpotongan dari kolom dan baris misalnya sel A10 adalah merupakan perpotongan dari A dan baris ke-10.
Pointer  adalah sel aktif, tempat jatuhnya huruf-huruf, angka, formula yang kita masukan, boleh juga di sebut worksheet cursor.
Misalnya tempatkan sel di A1, akan terlihat pada sel tersebut berbentuk segi empat (boder).
Range Range adalah sauatu daerah pada worksheet umumnya berbentuk segi empat yang merupakan kumpulan dari beberapa sel.
Column-Width adalah lebar kolom.Kolom-kolom masing-masing pada saat keadaan awal (baku) atau dikenal dengan istilah default/standart adalah sebesar 8.43 Lebar Kolom ini bias di ubah sekehendak kita, tergantung jenis data yang dimasukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar