Rabu, 14 Maret 2012

01. PEMAHAMAN DAN PENGERTIAN ORGANISASI


Menurut wikipedia Organisasi  berasal dari bahasa Yunani: ὄργανον, organon yang artinya alat. Dapat disimpulkan organisasi  adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Ada beberapa pengertian organisasi menurut para ahli sebagai berikut.
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama .
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama .
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
 
Keterhubungan manajemen dan organisasi

Dari pengertian organisasi diatas sudah jelas organisasi itu apa, lalu apa hungannya dengan manajemen. Manajemen sendiri berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Hubungannya manajemen dan organisasi itu seperti makan dan minum artinya tidak akan sempurna suatu organisasi tanpa adanya manajemen yang baik dan terstruktur. Segala sesuatu yang ada didunia ini perlu pengaturan dari hal kecil maupun hal yang sangat kompleks. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi,
              http://kurodiamond.blogspot.com/2011/10/pentingnya-organisasi-dan-metode.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar