Manajemen dan tata kerja
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana(how) agar sumber-sumber
dan waktu yang tersedia dan amat di perlukan dapat di manfaatkan dengan tepat
sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
Pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya di tunjukkan untuk:
- Menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber dan waktu yang terjadi
- Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam peroses pencapaian tujuan.
- Menjamin adanya pembagian kerja , waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja adalah:
Manajemen : menjeaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang di perlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan
Manajemen : menjeaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang di perlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan
Tata kerja : menjelaskan bagaimana proses kegiatan ini harus di laksanakan
sesuai dengan sumber-sember dan waktu yang tersedia
Manajemen , organisasi dan tata kerja
Eratnya hubungan ke tiga nya adalah sebagai berikut:
- Manajemen : Proses mencapai tujuan melalui kerja sama antar manusia
- Organisasi : Alat bagi pencapainya tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan kerja sama
- Tata Kerja : Pola orang- orng bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus di lakukan sebagai tujuan tercapai secara efisien.
Organisasi dapat dipandang sebagai :
- Sistem sosial, yaitu orang-orang dalam kelompok
- Integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama
- Orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama
Fungsi dari Manajemen Organisasi
Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan
(manajer) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran
yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa
mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara
yang setepat-tepatnya.
Sumber : http://dzilight.wordpress.com/2011/04/03/hubungan-timbal-balik-antara-manajemen-organisasi- dan-tata-kerja/
http://carapedia.com/pengertian_definisi_organisasi_menurut_para_ahli_info484.html
http://zeincom.wordpress.com/2011/10/22/mtkot/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar