Sabtu, 24 Maret 2012

08. Manfaat berorganisasi

Orang yang suka berorganisasi cenderung memiliki pola pikir yang dewasa dan sedikit lebih bijak menghadapi suatu permasalahan,di banding yang tidak menyukai organisasi. Berorganisasi dapat melatih mental kita. Tidak jarang orang yang otaknya genius,tetapi ketika berhadapan dengan pimpinan- pimpinan menjadi bungkam dan menciut. Hal ini dikarenakan orang tersebut memiliki mental ya tidak terlatih.

Banyak beberapa manfaat yang di peroleh apabila kita aktif dalam suatu Organisasi, berikut beberapa manfaat organisasi :
  1. Teamwork Organisasi adalah kesatuan dari berbagai orang yang bekerja untuk satu tujuan. Dari mulai brainstorming ide, rapat, nyusun anggaran, eksekusi kegiatan, sampai evaluasi, semua dipikirkan dan dikerjakan bersama-sama. Setiap anggota bagai roda mesin yang saling menggerakkan.
  2. Sikap Mental Positif Berorganisasi bikin kita sadar akan pentingnya sikap-sikap mental yang positif. Dengan segala tanggung jawab di organisasi, kita dilatih disiplin, jujur, berpikir kritis, dan mampu memanage waktu. Kita juga semakin terlatih untuk berani membuat suatu keputusan.  
  3. Berdiskusi dan Berbeda Pendapat
    Karena di organisasi kita bekerja sama dengan banyak orang yang karakternya beda-beda, kita dituntut untuk mampu menghargai pendapat dan mau mendengar pendapat orang lain.
  4. Belajar Manajemen Organisasi
    Aktif di organisasi mengajarkan kita untuk bertindak sesuai prosedur dalam manajemen organisasi.
  5. Bersosialisasi Pergaulan akan meluas, kita dapat banyak teman dari adik kelas, senior, pejabat sekolah/kampus, pihak sponsor, dan banyak kontak penting lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar